Mataku,Duniaku : Tetap Mandiri di Usia Senja

Para Pasien usai Menjalani Operasi Katarak di RS Bhayangkara Kota Jayapura (12/6)

JAYAPURA,FP.COM – 58 orang Lanjut Usia (lansia) pasien penderita katarak melewati screening kesehatan sebelum menjalani operasi. Hasilnya dari screening yang dilakukan 20 orang dinyatakan sehat dalam kondisi prima untuk mendapatkan tindakan operasi yang dipusatkan di RS Bhayangkara Kota Jayapura.

Program operasi katarak gratis (12 Juni 2024) ini merupakan bagian dari bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ( HLUN ) ke 28, Kemensos RI melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura.

Read More

Para pasien tadi datang dari wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura. Termasuk dari distrik terjauh di wilayah Kabupaten Jayapura yakni distrik Unurum Guay.

Ketua Pokja Atensi BBPPKS Jayapura sekaligus penanggung jawab kegiatan, Siti Rohmanatin Fitriani mengatakan kesehatan individu dan masyarakat sangat penting. Sebab masyarakat yang sehat akan mendorong peningkatan produktifitas. Demikian halnya dengan lansia yang didukung tetap mandiri pada usia senja.

Kemandirian pada lansia sambung Siti, dinilai dari kemampuan lansia untuk melakukan aktifitas sehari-hari (activity of daily living). Activity of Daily Living sendiri merupakan suatu bentuk penilaian kemampuan seseorang untuk melakukan aktifitas secara mandiri.

“ Operasi katarak ini merupakan bagian dari upaya Kemensos untuk meningkatkan kesehatan lansia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan lansia”, ujar Siti.

Operasi bagi para lansia ini diharapkan dapat meningkatkan kehidupan lansia yang sejahtera, berdaya guna dan mandiri dalam melakukan kemampuan fungsional sehari-hari.

Salah satu pasien operasi katarak Fransiskus Yensenem usai menjalani operasi mengaku senang dengan adanya operasi katarak gratis bagi lansia.

“ Ini bagus sekali karena sangat membantu kami lansia, apalagi bagi kami yang selalu aktifitas melayani di gereja. Semoga kegiatan seperti ini bisa sering dilakukan karena sangat membantu kami para lansia,” pungkasnya.

Untuk diketahui pada pelaksanaan operasi katarak BBPPKS bekerjasama dengan RS Bhayangkara yang juga mengadakan bakti sosial dalam rangka HUT Polri yang ke-78. (Eng)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *