Musa’ad: Informasi Tentang Pembangunan di Papua Harus Disebarluaskan

  • Whatsapp
Kegiatan sosialisasi Aktivasi Pengelolaan Layanan Informasi Pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua



JAYAPURA, FP.COM –  Asisten II Bidang Perekonomiaan dan Kesra Sekda Papua Muhammad Musa’ad menekankan, semua website milik Pemerintah Provinsi Papua harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk menginformasikan hasil kerja pemerintah disertai dengan data yang akurat.

“Saya juga berharap OPD bisa berkolaborasi dengan pihak lainnya termasuk wartawan untuk menyebarluaskan informasi hasil kerja pemerintah kepada masyarakat,” katanya usai membuka kegiatan sosialisasi Aktivasi Pengelolaan Layanan Informasi Pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua yang berlangsung di Jayapura, Selasa (27/4/2021).
Dengan begitu, lanjutnya, masyarakat di luar Papua pun bisa mengetahui apa saja yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Papua selama ini dan perkembangan Papua dari masa ke masa.

Read More

“Rakyat Indonesia juga harus tahu apa yang sudah dilakukan Pemerintah Papua dan perkembangan Papua dan bisa membandingkan Papua pada masa sebelumnya dan masa kini,” ujar Musaad.

Ia meminta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing Organisasi perangkat Daerah (OPD Pemerintah Provinsi Papua rajin mengupdate data program dan kegiatan yang telah dilaksanakan di website masing-masing.

Masih kata Musa’ad, informasi ini dapat dipakai masyarakat untuk menilai hasil kerja Pemerintah Provinsi Papua. Apalagi transparansi, kata dia, merupakan salah satu syarat dari good governance.

“Banyak informasi yang belum terbuka, jadi ketika ada isu miring atau tidak berimbang dapat menimbulkan penilaian yang salah terhadap Papua. Ini yang kami akan perbaiki ke depan secara berkala,” tambahnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua Jery Yudianto menuturkan, tujuan digelarnya kegiatan sosialisasi ini guna memaksimalkan peran PPID di masing-masing OPD.

“PPID ini juga berperan sebagai humas di OPD masing-masing, serta sebagai produsen data dan wali data, sehingga data-data di OPD ini bisa diekspose agar informasi itu tepat dan cepat disampaikan kepada masyarakat,” kata Jery.

Kegiatan tersebut juga, kata Jery, tak hanya melibatkan PPID di masing-masing OPD tetapi juga para jurnalis dan influencer yang ada di Kota Jayapura.

“Jadi hari ini kita sosialiasi dengan PPID, besok dengan jurnalis dan berikutnya dengan para influencer di Kota Jayapura,” pungkasnya. FPKontr3

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *