Pemprov Papua Klaim Kebutuhan Hewan Kurban Aman

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa
FKUB Puasa

JAYAPURA, FP.COM – Pemerintah Provinsi Papua memastikan ketersediaan hewan kurban untuk kebutuhan hari raya Idul Adha 2020. Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa. Katanya, tersedia 2.346 ekor sapi dan 450 ekor kambing siap potong.

“Ketersediaan hewan kurban setiap di Provinsi Papua, baik sapi mau pun kambing, tidak pernah ada masalah,” ujarnya kepada wartawan di Jayapura, Senin (27/7/2020).

Read More

Mudik

Hewan-hewan kurban tersebut diperoleh dari para peternak lokal, kecuali Kabupaten Mimika yang sering mendatangkannya dari luar Papua.

“Dari segi populasi, Kepulauan Yapen, Kota Jayapura dan Biak Numfor masih kurang, namun tertutupi dengan pasokan dari kabupaten lain.”

Kebutuhan Kota Jayapura dipasok dari Kabupaten Jayapura dan Keerom serta Sarmi, sementara untuk Kepulauan Yapen dan Biak Numfor didatangkan dari Waropen.

Siriwa mengakui, dibanding tahun lalu, populasi sapi tahun ini menurun 11 persen, dampak dari wabah Covid-19. Ia menambahkan, pelaksanaan kurban nanti akan mengacu pada peraturan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI No 008/SE/PK.320/F/2020 tentang Pelaksananan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam. FPKontr3

FKUB

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *