Pokdarwis, Upaya Pengembangan Kawasan Wisata oleh Disbudpar Papua

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan hibah kepada salah satu kelompok kuliner di Kota Jayapura

JAYAPURA, FP.COM – Dalam dua tahun terakhir, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua telah membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) di beberapa kawasan wisata di Kota dan Kabupaten Jayapura. Wadah ini dimaksudkan untuk menggenjot program berkelanjutan yang menyasar pengembangan kepariwisataan berdasarkan potensi lokal yang dimiliki masing-masing daerah wisata.

Read More

iklan

iklan

Selain memperoleh bantuan berupa peralatan pada 2020 lalu, tahun ini Pokdarwis juga dibekali berbagai pelatihan.

“Tahun ini kami di dinas tidak ada pemberian bantuan alat lagi, tetapi kami memiliki tujuh kegiatan pembinaan melalui pelatihan kepada kelompok Pokdarwis,” ujar Elius Wantik Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Papua saat ditemui awak Fokus Papua di ruang kerjanya kamis 1/07/2021.

Pelatihan-pelatihan ini juga merupakan bagian dari program dinas dalam mendukung perhelatan Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 pada Oktober mendatang.

“Ini juga dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan PON sehingga tamu yang datang dari berbagai daerah mereka bisa melihat kesiapan masyarakat Papua, ada aktivitas seperti kuliner, sovenir dan lainnya,” sambungnya.

Salah satu koordinator Pokdarwis, Billy Tokoro, membenarkan jika pihaknya telah menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua berupa alat pengolahan sagu.

“Barang tersebut sudah kami terima, kami sangat berterima kasih kepada Gubernur Papua melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua yang sudahmemberikan dukungan untuk kegiatan pariwisata lewat alat & mesin pengolahan sagu. Harapan kami, ada pendampingan dan keberlanjutan pembinaan,” aku Billy yang Ketua Porkdarwis Kampung Yoboi, Kabupaten Jayapura ini, Senin (5/07/2021). (*)

KONI
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *