Stunting 70 Persen Akibat Sarana dan Prasarana yang Buruk

  • Whatsapp
ILUSTRASI. Anak-anak pedalaman Papua yang terancam gizi buruk akibat minimnya sarana dan prasarana dan pelayanan kesehatan/news.unair.ac.id

JAYAPURA, FP.COM –Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Lakalena meyebut, 70 persen persoalan stunting disebabkan oleh sarana dan prasarana yang buruk.

“Masalah utama ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 30 persennya di Kementerian Kesehatan,” ungkapnya kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Pemprov Papua di Sasana Karya, kantor gubernur, Jumat (28/2/2020).

Read More

iklan

iklan

Emanuel menjelaskan, secara umum, persoalan stunting atau gizi buruk yang melanda Indonesia disebabkan karena kurang meratanya pembangunan di beberapa daerah di Indonesia. Pelayanan kesehatan tidak terpenuhi dengan baik karena akses jalan yang tidak layak untuk dilalui, perumahan warga yang tidak berpola hidup sehat. Itu terjadi di Papua.

Menurutnya, tingkat kesehatan masih rendah di Papua, khususnya di wilayah pedalaman, akibat dari kemiskinan yang sangat dekat dengan gizi buruk.

“Ini persolan kita bersama, sehingga kami berharap ada peran serta dari sektor-sektor lain untuk meningkatkan kesehatan di Papua. Ini yang perlu kita sinergikan bersama. Jangan kita hanya melihat ujungnya (angka stunting) saja, tetapi itu bagian dari kerja di bidang ekonomi, PUPR dan stakeholder lainnya,” katanya. FPKontr3

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *