Tim Catur Putri Papua Optimis Mendulang Medali

  • Whatsapp
Tim catur putri Papua yang akan bertarung dalam ajang PON XX Ppaua 2021/Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – Tim catur putri Papua siap merebut medali emas sebanyak-banyaknya dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Peluang mendulang emas sangat besar, mengingat atlet yang diterjunkan pada PON kali ini sudah reputasi dan meraih medali emas pada PON edisi lalu. 

Read More

iklan

iklan

Rasa optimism itu diungkapkan manajer tim catur Papua Haji Ariadi. “Kami optimis dengan atlet putri yang diturunkan, karena sudah punya pengalaman main di PON sebelumnya dan meraih emas,” ujar Haji Ariadi, Minggu (12/9/2021).

Tentu dengan pengalaman tersebut dan bermain bagi tim tuan rumah Papua, menjadi modal yang kuat untuk meraih hasil maksimal.

“Kami akan maksimalkan semua  potensi yang ada, untuk hasil yang positif,” papar Haji Ariadi.

Senada dengan sang manajernya, atlet catur Papua, Baiq Vina Lestari, mengungkapkan kesiapannya.

“Peluang kita dapat medali cukup besar, apalagi sebagai tuan rumah,” ujar Baiq yang meraih medali perak dan perunggu pada PON XVIII saat memperkuat tuan rumah Riau pada 2012 lalu.

Rasa optimisnya itu bukan tanpa dasar. Menurutnya, materi pemain tim catur provinsi lain yang ikut PON tahun ini di Papua masih hampir sama dengan PON sebelumnya.

“Pemainnya nyaris sama sehingga sudah saling mengenal karakter permainan, kami tinggal maksimalkan bermain sebagai tuan rumah,” kata pecatur kelahiran Lombok 26 Agustus 1985 ini. 

Begitu pun dengan rekan Baiq, Rida Mutiani. Pecatur kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 28 September 1995 ini. Menurutnya, peluang mendapatkan medali masih tetap ada, karena provinsi lain masih memakai materi lawasanya.

“Kita sudah saling mengenal,” kata peraih medali emas dan perunggu pada PON XIX Jawa Barat saat memperkuat tuan rumah. 

 Ia juga menyebut, factor tuan rumah ditambah pemusatan latihan yang lama menjadi tambahan motivasi.

“Pengaruh tuan rumah tentu membuat percaya diri kami tinggi, apalagi TC cukup lama dan kembali ke Papua lebih awal untuk adaptasi,” lanjutnya.

Ada beberapa provinsi yang memiliki materi cukup tangguh dan menjadi saingan berat Rida dan kawan-kawan, sebut saja Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. 

Pelatih kepala tim catur Papua, Ventje Ropa mengungkapkan, saat ini secara keseluruhan kesiapan timnya sudah lumayan baik dan siap bertanding pada PON nanti.

“Kita semua yang jelas sudah siap, tinggal kita tunggu tanggal mainnya,” singkat Ventje. (Ray)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *