Tim Urdokkes Periksa Kesehatan Tahanan Polres Jayapura Kota

  • Whatsapp
Pemeriksaan kesehatan tahanan Polresta Jayapura Kota oleh Tim Urdokkes
PGBP

Pariwisata

JAYAPURA, FP.COM – Satuan Kecil Unit Pelayanan Kesehatan (Urdokkes) Polresta bersama Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan yang ada di ruangan tahanan Mapolresta Jayapura Kota, Kamis, (20/2). Pemeriksaan ini sebagai langkah antisipasi dan mengetahui kondisi para tahanan Polresta Jayapura Kota. Pemeriksaan dilaksanakan di bawah pengawasan Kasat Tahti (Tahanan dan Barang Bukti) Polresta Jayapura Kota. 

Ini merupakan salah satu tugas pokok Satuan Tahti dalam mengembangkan tugas kepolisian yaitu fungsi pelayanan kesehatan berupa perawatan kesehatan dan pembinaan jasmani dan rohani tahanan sesuai dengan Perkap Nomor 4 Tahun 2005 tentang pengurusan tahanan pada rutan Polri. 

“Pemeriksaan kesehatan tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi tahanan pada Polresta Jayapura Kota dalam keadaan sehat tanpa ada penyakit untuk menghindari ada komplain dari keluarga para tahanan,” sebut Kasat Tahti Polresta Jayapura Kota Iptu Eddy Purwadi.

Menurutnya, kesehatan menjadi prioritas utama agar kondisi dari para tahanan tetap terjaga dan selalu sehat karena imun tubuh akan berubah ketika kondisi tubuh dalam keadaan kurang sehat. 

“Pemeriksaan kesehatan ini berguna juga untuk mengurangi dan mencegah terjadinya penyakit yang timbul pada tahanan,” pungkasnya. 

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK. M.Pd mengatakan, kegiatan pemeriksaan ini rutin dilaksanakan kepada para tahanan dengan harapan jika tahanan yang mengalami sakit atau gangguan kesehatan lainnya dapat segera dilakukan tindakan medis. 

“Selain penjagaan ketat oleh anggota, pemeriksaan kesehatan secara rutin dan secara tidak langsung ini turut berkontribusi pada upaya pencegahan tahanan kabur, karena sekalian dengan pengecekan jumlah (tahanan),” ujarnya. (Dadang)

Read More

KONI

Kehutanan

GKI

Dinkes

Air

Covid

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *