USAID Rangkul Media Lokal sebagai Kontrol Sosial Pelaksanaan Otsus Jilid II

Sejumlah wartawan yang mengikuti kegiatan capacity building oleh USAID dalam peran mengawal implementasi Otsus

BIAK, FP.COM – United States Agency for International Development (USAID) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas media lokal bertajuk “peran strategis media dalam pembangunan daerah dan optimalisasi Otonomi Khusus di Tanah Papua”. Kegiatan ini berlangsung di Kabupaten Biak Numfor dan dibuka oleh Chief of Party USAID Kolaborasi Caroline Tupamahu (16/3/23).

Read More

Secara terang Caroline mengatakan, dalam menjalankan program kolaborasi bagi percepatan pembangunan di Tanah Papua, secara khusus dalam pelaksanaan Otonomi Khusus, pihaknya memerlukan media sebagai partner strategis USAID Kolaborasi. Sosialisasi program bagi jurnalis telah dilakukan pada 2022 lalu di Manokwari (29 Okt 2022-red) dan di Jayapura (4 November 2022-red).

“Media capacity building sebagai wujud komitmen USAID Kolaborasi mendorong peran aktif media dalam pembangunan daerah di seluruh Papua. Sebagai partner strategis, komunikasi dengan media Papua menjadi salah satu prioritas USAID Kolaborasi dan  media terus bekerja bersama untuk mengedukasi dan mengawal implementasi Otsus demi kesejahteraan masyarakat Papua,” tukas Caroline.

Di tempat yang sama, Drias, selaku Manager Advokasi dan Pelibatan Eksternal WVI mengharapkan dalam melaksanakan fungsi kontrol media mengutamakan pemberitaan media massa yang responsif

“Jurnalisme responsif bukan reaktif, hanya bereaksi kalau terjadi sesuatu. Yang kami berusaha dorong adalah jurnalisme responsif. Kalau kita bicara mengawal, kita bersama-sama dari awal untuk memastikan Otsus jilid II ini berhasil,” pungkas Drias.

(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *