Berlangsung Selama 3 Hari Festival Helay Mbay Hote Mbay Menawarkan Sensasi Kuliner Asli Sentani

Papeda dalam sempe menjadi sebuah tradisi turun temurun masyarakat Abar.

ABAR,FP.COM – Festival Helay Mbay Hote Mbay resmi dibuka oleh Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi di kampung Abar, Kamis (28/9/23). Sempat tertunda karena covid-19, tahun ini menjadi event ke empat yang digelar oleh masyarakat Abar.

Event kuliner khas masyarakat sentani ini akan berlangsung selama 3 hari 28-30 September 2023.

Read More

Sekda Hana Hikoyabi mengapresiasi gelaran Pesta budaya makan Papeda dengan wadah gerabah yang digagas murni oleh masyarakat Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura.

Menurut Sekda Hana Pesta Helay Mbay Hote Mbay ini merupakan potensi budaya yang terus dilestarikan turun temurun.  

“Potensi ini merupakan kebanggaan bagi Kampung Abar yang dijaga, dan diajarkan secara turun menurun, bahwa makan Papeda di dalam sempe dan juga ikan yang dimasak di dalam belanga batu secara original itu berasal dari Kampung Abar untuk Papua dan Indonesia,” ujar Hana.

Event ini pun turut didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Papua. Kepada awak Fokus Papua Sekretaris Disbudpar Provinsi Papua menyebut kampung Abar memiliki daya tarik yang masih asli dan unik. Konon pembuatan gerabah di Abar menjadi satu-satunya tradisi kebudayan bernilai tinggi yang masih terjaga hingga saat ini. Pihaknya pun mengharapkan gelaran event itu akan dikemas lebih baik lagi kedepannya agar mendatangkan banyak wisatawan ke Abar. 

“ini sudah bagus cuma nanti kedepan kami dari dinas mengharapkan lebih baik lagi dari persiapannya”,sebut Amelia.

Pihak Dinas sendiri, lanjut Amelia akan terus memaksimalkan dukungan untuk mengembangkan potensi di tiap kampung yang berada di Kabupaten Jayapura.

Tak lupa Amelia pun mengajak semua pihak untuk datang dan  meramaikan gelaran event kuliner khas masyarakat Abar.  (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *