Melihat dari Dekat Lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan Asar di Jayapura

Kolase beberapa hidangan berbahan dasar Ikan Asar yang dihasilkan dari lomba Cipta Menu pada gelaran Festival Jayapura Makan Ikan Asar (Jamaika) di hari kedua (6/7).

JAYAPURA, FP.COM – Hujan rintik-rintik tak menyurutkan semangat para peserta Lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan Asar Papua yang digelar pada hari kedua Festival Jayapura Makan Ikan Asar (Jamaika), Sabtu (6/7) di pelataran Kampung Nelayan.


14 kelompok peserta yang terdiri dari dua orang masing-masing, siap beradu kreativitas dalam mengolah ikan asar menjadi hidangan lezat dan menarik. Suasana pagi di lokasi lomba dipenuhi keceriaan dan aroma sedap dari beragam bumbu dan rempah yang diracik para peserta.

Read More

Menu Kreatif Memukau
Para peserta menyajikan berbagai hidangan inovatif, mulai dari hidangan khas Papua seperti Ikan Asar kuah hitam yang terinsipirasi dari teknik memasak “Kha Ebhe Hele Sentani” yang dipresentasikan Mama-mama dari kampung Yoka, Ikan Asar Paku Bor Bete, hidangan ini terdiri dari sayur paku yang dimasak dengan ikan asar lalu diisi ke dalam bete (talas-red).

Tak hanya itu hidangan fusion dengan sentuhan modern seperti Ikan Asar Risoles dan Ikan Asar Sushi juga turut turut disajikan dalam lomba ini.

Risol Insar (Risoles Ikan Asar Suwir)

Salah satu peserta yang mencuri perhatian adalah tim “Risol Insar” akronim dari Risoles Ikan Asar Suwir yang menghadirkan hidangan tradisional Papua, petatas, dengan sentuhan modern. Ikan asar diolah menjadi isian lezat di dalam petatas yang lembut dan hangat, menciptakan perpaduan rasa dan tekstur yang unik.

Apresiasi dari Chef Chato
Chef Charles Toto, atau yang dikenal sebagai Jungle Chef Papua, turut hadir sebagai juri dalam lomba ini. Ia mengapresiasi kreativitas dan semangat para peserta dalam mengolah ikan asar menjadi hidangan istimewa.

“Saya sangat terkesan dengan kreatifitas para peserta dalam mengolah ikan asar,” ujar Chef Chato kepada awak Fokus Papua. “Hidangan yang mereka sajikan sangat beragam dan menarik, menunjukkan potensi besar kuliner Papua untuk berkembang.”

Buku Resep yang Disarankan
Chef Chato pun mengusulkan agar aneka cipta menu dari lomba ini dapat dihimpun dalam satu buku resep.

“Buku resep ini dapat menjadi referensi bagi para penikmat kuliner untuk mencoba dan membuat hidangan ikan asar yang lezat di rumah,” tambah Chef Chato.

Lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan Asar Papua ini menjadi bukti nyata kekayaan kuliner Papua dan potensi besarnya untuk mendunia. Dengan kreatifitas dan inovasi, ikan asar Papua dapat diolah menjadi hidangan istimewa yang memikat lidah para pecinta kuliner. (Ai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *